Jumat, 04 Februari 2011

REVOLUSI DAN RESTORASI

Apa bedanya ?? Apa Persamaan dan apa pula Hubungannya dengan Gudep ini ??
mari kita Bahas, Pernah Baca Revolusi Industri di Inggris ??
nih fotonya. . .
Kok Kereta Uap?? ya justru itu. . . pada masa itu semua dikerjakan manual, mulai dari Konstruksi, perhubungan, komunikasi, dan sumber daya manusia (pekerja) sangat diperas, sehingga tak sedkit menimbulkan perbudakan, yang menyebabkan terciptanya jurang yang besar antara si kaya dan si miskin. . . untuk itu seorang James Watt merubah Dunia dengan Mesin Uap nya. . . segala pekerjaan yang dahulunya berorientasi pekerja sekarang berubah total menjadi orientasi mesin. . . sehingga menekan biaya produksi dan manusia dapat meningkatkan taraf hidupnya, dari pekerja menjadi pengoperasi alat kerja. . .

Revolusi Perancis ??
timbul karena rasa ketidak puasan, ke tidak harmonisan, dan ke tidak-Adilan. . .
sebuah gerakan yang timbul karena "kok gini gini aja" atau dengan kata lain sudah kerja keras kok tidak ada perubahan ?? dan rasa ingin mendapatkan persamaan dan mengejar ketertinggalan. . .
maka dari itu harus ada pergerakan yang menuntut perubahan. . .

Restorasi Meiji ??

Seorang TENNO aka Kaisar aka Raja yang punya Imperium. . . . Yang karena pemikiran dan gagasannya merubah Jepang FROM ZERO TO HERO. . . kayak Ksatria Abdi Wibawa deh, dari zero tapi belum jadi Hero. . . heheh
dengan pemikiran dan gagasannya yang penuh kontroversi dan pada zamannya banyak yang menentang pemikiran Restorasi ini (terutama kalngan dari dalam Istana sendiri dan dari Pihak Samurai). . .
bagaimana tidak ?? 3 pemikiran jitunya yaitu :
Pertama, Pemerintahan yang selama Ratusan Tahun dipegang oleh seorang Bangsawan Samurai berpangkat Shogun harus dikembalikan kepada Kaisar dan Gubernur Militer (Shogun) berbalik berada dibawahnya. . . ?? tapi apa keputusan SHOGUN ?? Bila ini demi kemajuan dan Kejayaan NIHON. . . maka Laksanakanlah. . . (wih... bijaksana banget tuh Suzuki Shogun) heheh. . .

yang kedua, setelah mengambil alih pemerintahan, Kaisar memanggil para pemuda dan pemudi untuk dikirim keluar negri agar belajar Militer, Pendidikan, dan Ekonomi agar dapat maju dan berkembang. . .

yang ketiga,Kaisar menyatukan bahasa, pikiran, dan memulai orientasi menuju negara Moderen. . . dengan cara memodernisasi Industri, yang dulunya mengadaptasi teknologi baling baling dari air terjun sekarang berubah menjadi Mesin uap yang mereka pelajari dari Inggris, Teknologi Bahan peledak Mesiu dari China, dan mengembangkan perikanan. . .

HASILNYA ????? Sekarang Japan, yang dulunya Nihon. . bukan hanya MACAN ASIA, tapi NAGA nya DUNIA. . .

Persamaan dengan Gudep ini ?? ya, KAMI MELAKUKAN REVOLUSI dan RESTORASI
dengan 3 Sasaran seperti Jepang, yaitu mendatangkan Instruktur ahli pada bidangnya dari berbagai SAKA, mencari sumber dana, dan mengejar ketertinggalan. . .
Melakukan Revolusi, yang tadinya menggunakan Mesin ketik sekarang sudah mempunyai Peralatan yang dikomputerisasi, dan akan selalu dan terus berjuang melawan ketertinggalan. . .

Sekian. . .
Yama K SpideRose

2 komentar:

  1. Restorasi berarti pemulihan yaitu pengembalian ke posisi semula dgn memperbaharui atau mengembalikan sesuatu yg sudh diambil atw hilang.

    pertanyaan : 1. apa yg sudah hilang dri garuda ?
    2. siapa yg sudah mengambil garuda ?

    konteks yg terlalu jauh n luas kalw kalian menyamakan REVOLUSI N RESTORASI gudep ini dg revolusi n restorasi yg ad di prancis, inggris, jepang dan ngara lainny yg jelas-jelas berbeda histori, culture n proses yg dijalani.

    klw kalian mengutip suatu catatan sejarah maka saya jg akan mengutip sebuah ctatan sejarah bngsa kta dri buku yg pernah saya baca bebrapa wktu silam.
    ” apakah dalam perkembgan kehidupan bernegara tidak dibenarkan terjadinya perubahan untuk mengantisipasi perkembangan zaman, jawabannya psti boleh, bahkan mungkin merupakan keniscayaan. namun bagaimana perubahan ini diselenggarakan ada batas-batasnya, sekurang-kurangnya bahwa perubgan itu jgn sampai mengeliminasi jati diri bangsa, sebab bila hal ini terjadi berarti suatu tindakan bunuh diri dan hal itu merupakan aib yg tidak dapat dimaafkan”

    coba kita pahami n kaitkan dg revolusi n restorasi yg telah kalian lakukan pada gudep ini.
    dan kalian maknai sendiri.

    ’Aprian Pimo, S.IP’
    PRATAMA PUTRA 2001

    BalasHapus
  2. Revolusi dan restorasi yang belum tetap sasaran pada usia yang belum mengenal lebih jauh apa itu sebenarnya revolusi & restorasi.

    BalasHapus

silahkan tinggalkan komentar..